MAKALAH STATISTIK PENDIDIKAN
“KONSEP DASAR STATISTIK DAN DATA STATISTIK”
Makalah ini dipresentasikan dalam diskusi mata
kuliah
statistik pendidikan semester 4 lokal A
OLEH : KELOMPOK 4
METHA AFRICAHYUNI 09.1799.15
FITRIA EKA LESTARI 09.1804.15
YOANDA H. ASSIDIQQI 09.1784.15
SATRIA WAHYU 09.1782.15
DOSEN PEMBIMBING :
SEPRIANTO, M.Pd
JURUSAN TADRIS BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) KERINCI
T.A 2017
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr. Wb.
Puji
syukur ke hadirat Alah SWT pencipta segala alam semesta beserta isinya. Karena
atas segala limpahan Rahmat, Taufik, dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Sholawat serta salam semoga
tetap tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW sebagai panutan dan
ikutan terbaik bagi umat yang membawa cahaya islam.
Makalah
ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas Statistik Pendidikan dengan judul
“konsep dasar statistik dan data statistik“
Dalam
penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, kami berharap para
pembaca agar dapat memakluminya. Karena kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT,
dan kekurangan adalah milik kita. Oleh karena itu diharapkan bagi para
pembaca dan para pemerhati pendidikan dimohon untuk memberikan kritik dan
sarannya kepada kami demi kesempurnaan karya ilmiah ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Bunga Tanjung,20 Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
COVER
KATA PENGHANTAR…………………………………………………...……....i
DAFTAR ISI……………………………………………………………..………..ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang…………………………………………………….………1
B.
Rumusan Masalah……………………………………………………...….2
C.
Tujuan Penulisan…………………………………………………………..2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Konsep dasar statistik………………………………………………...….3
B.
Data statistik…………..………………………………………………....8
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan………………………………………………………………14
B. Saran
……………………………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pada setiap lapangan pekerjaan, setiap
pimpinan dan karyawan selalu dihadapkan dengan masalah atau persoalan yang
diantara lain dinyatakan dengan angka-angka. Angka-angka ini bias memberikan
gambaran atau penjelasan kepada pimpinan tentang apa yang telah terjadi dan apa
yang akan terjadi pada instansi yang dipimpinnya, serta bias untuk menarik
kesimpulan dari semuanya.
Kata statistik pada mulanya adalah
sebagai bahan kumpulan keterangan data, baik yang berupa angka (data
kuantatif), maupun data tidak berupa angka (data kualitatif). Dan semuanya itu
mempunyai arti yang penting bagi Negara. Tetapi dengan berkembangnya pengertian
statistik dibatasi dengan angka yang berupa data saja, sedangkan data yang
bukan angka bukan statistik.
Jadi statistik adalah kesimpulan fakta
berbentuk angka yang disusun dalam bentuk daftar atau table yang menggambarkan
suatu persoalan. Sedangkan statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan
dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisa data, penarikan
kesimpulan dan pembuatan keputusan yang cukup beralasan.
B. Rumusan masalah
1. Bagaimana konsep dasar statistik ?
2. Apa itu data statistik ?
C.
Tujuan
penulisan
1.
Mengetahui
konsep dasar statistik ?
2.
Memahami
data statistik ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Konsep
dasar statistik
1.
Pengertian
statistik, statistika dan statistic pendidikan
Secara etimologis kata statistic berasal dari kata status (bahasa
latin) atau staat (bahasa belanda) dan dalam bahasa Indonesia diterjemahkan
menjadi Negara. Pada awalnya, kata “statistic” diartikan sebagai kumpulan bahan
keterangan (data) baik berwujud angka (kuantitatif) maupun data yang tidak
berwujud (kualitatif) yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi
suatu Negara. Namun pada perkembangan selanjutnya arti kata statistic hanya
dibatasi pada kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)
saja, bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi
disebut statistic.
Dalam kamus besar bahasa Indonesia statistic diartikan dalam dua
arti: statistics “ilmu statistic”, statistik diartikan sebagai “ukuran yang
diperoleh atau berasal dari sampel”, yaitu lawan dari kata “parameter” yang
berarti ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi.
Disamping istilah statistic di kenal juga dengan istilah
statistika. Statistika merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara
pengumpulan data, pengolahan atau penganalisannya dan penarikan kesimpulan
berdasarkan kumpulan data dan penganalisannya yang telah dilakukan.
Istilah statistic sering dipadankan dengan bidang kegiatan atau
ilmu yang menggunakannya seperti dibidang kesehatan, pertanian, pendidikan dan
lain sebagainya.
Dalam bidang pendidikan dikenal dengan istilah statistic
pendidikan. Statistic pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang membahas atau
mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu
ditempuh atau dipergunakan, dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian,
penganalisasian bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan pendidikan (khususnya proses belajar mengajar), dan penarikan
kesimpulan, pembuatan perkiraan serta ramalan ilmiah (dalam hal ini secara
matematik) atas dasar kumpulan bahan yang berwujud angka tadi.
2.
Pembagian
statistic
Statistik dapat dibagi kedalam beberapa golongan yang didasarkan
antara lain: cara pengolahan data, ruang lingkup atau ilmu pengetahuan yang
menggunakannya, serta berdasarkan data yang sebenarnya (parameternya).
a.
Pembagian
statistik berdasarkan cara pengolahan datanya
1)
Statistik
deskriptif
Statistik deskriptif sering disebut juga statistik yang hanya
berfungsi untuk mengorganisasikan dan menganalisa serta memberi pengertian
mengenai data (keadaan, gejala, persoalan) dalam bentuk angka agar dapat
diberikan gambaran secara teratur, ringkas dan jelas.
2)
Statistik
infrensial
Statistik inferensial sering disebut juga statistik induktif,
merupakan statistik yang berfungsi menyediakan aturan-aturan atau cara yang
dapat dipergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik kesimpulan yang
bersifat umum maupun yang bersifat khusus dari sekumpulan data yang telah
diolah.
b.
Pembagian
statistik berdasarkan bentuk parameternya
1)
Statistik
parametrik
Statistik parametrik adalah bagian statistik yang parameter
populasinya harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti syarat yang
berdistribusi normal atau non normalitas dan syarat memiliki varian yang
homogeny atau homogenitas.
2)
Statistik
nonparametrik
Statistik nonparametrik adalah bagian statistik parameter
populasinya bebas dari terpenuhinya syarat-syarat tertentu seperti syarat
berdistribusi normal atau normalitas dan syarat memiliki varians yang homogeny
atau homogenitas.
c.
Pembagian
statistik berdasarkan ruang lingkup penggunaannya
1)
Statistik
pendidikan
Statistik pendidikan adalah statistik yang digunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu pendidikan.
2)
Statistik
sosial
Statistik sosial adalah statistik yang dipergunakan atau diterapkan
pada bidang atau disiplin ilmu sosial.
3)
Statistik
kesehatan
Statistik kesehatan adalah statistik yang dipergunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu kesehatan.
4)
Statistik
ekonomi
Statistik ekonomi adalah statistik yang dipergunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu ekonomi.
5)
Statistik
pertanian
Statistik sosial adalah statistik yang dipergunakan atau diterapkan
pada bidang atau disiplin ilmu sosial.
3.
Ciri-ciri
statistik
Sebagai ilmu pengetahuan pada dasarnya statistik mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut:
a.
Statistik
selalu bekerja dengan angka atau bilangn yang disebut dengan data kuantitatif.
b.
Statistik
bersifat obyektif
c.
Statistik
bersifat universal
4.
Peranan,
fungsi dan kegunaan statistik
a.
Peranan
statistik
Statistik
berperan dalam berbagai kegiatan hidup manusia antara lain:
1)
Dalam
aktivitas hidup sehari-hari
2)
Dalam
ilmu pengetahuan
3)
Dalam
aktivitas penelitian ilmiah
b.
Fungsi
statistik
Secara
umum fungsi statistik adalah sebagai alat bantu dalam mengolah, menganalisa,
dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian. Sedangkan
menurut Iqbal Hasan (2003:4) statistik berfungsi sebagai:
1)
Bank
data, yaitu menyediakan data untuk diolah dan diinterpretasikan agar dapat
dipakai untuk menerangkan yang perlu diketahui atau diungkap.
2)
Alat
quality control, yaitu sebagai alat pembantu standarisasi dan sekaligus sebagai
alat pengawas.
3)
Pemecahan
masalah dan pembuatan keputusan, sebagai dasar penetapan kebijakan dan langkah
lebih lanjut untuk mempertahankan, mengembangkan lembaga pendidikan dalam
pemberian pelayanan pendidikan.
c.
Kegunaan
statistik
Banyak
mamfaat atau kegunaan dari statistik diantaranya: menurut Anas Sudiono:
1)
Memperoleh
gamabaran baik gambaran secara umum maupun khusus, tentang suatu gejala,
peristiwa/objek.
2)
Mengikuti
perkembangan/ pasang surut mengenai gejala, keadaan atau peristiwa dari waktu
ke waktu.
3)
Melakukan
pengujian, apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lainnya ataukah
tiadak; jika terdapat perbedaan apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang
berarti (meyakinkan) ataukah perbedaan itu terjadi hanya kebutulan.
4)
Mengetahui
apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lainnya.
5)
Menyusun
lporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur, ringkas dan jelas.
6)
Menarik
kesimpulan secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta
dapat memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin terjadi dimasa
mendatang dan langkah konkrit apa yang kemungkinan perlu dilakukan seorang
pendidik.
B.
Data
statistik
1.
Pengertian
data
Data merupakan kata jamak dari kata datum. Data merupakan
keterangan-keterangan mengenai keadaan atau masalah dalam bentuk angka
(golongan) seperti angka 1, 2, 3 dan seterusnya maupun dalam bentuk katergori,
seperti; baik buruk, tinggi rendah dan sebagainya.
Agar bias dianalisis dan bias ditafsirkan maka harus memiliki
syarat-syarat sebagai berikut:
a.
Obyektif
b.
Relevan
c.
Sesuai
dengan zaman (up to date)
d.
Refresentatif
2.
Penggolongan
data statistik
a.
Penggolongan
berdasarkan sifatnya
1)
Data
kontinyu merupakan data statistik dimana angka-angkanya sambung menyambung
(kontinyu).
2)
Data
deskrit merupakan dta yang merupakan angka bilangan bulat dan bukan pecahan.
b.
Penggolongan
berdasarkan cara penyusunan angka
1)
Data
nominal (hitung) adalah data statistik dimana penyusunan angkanya berdasarkan
klasifikasi/penggolongan tertentu.
2)
Data
ordinal adalah data statistik dimana penyusunan angkanya erdasarkan urutan atau
kedudukan.
3)
Data
interval adalah data statistik yang mempunyai jarak yang sama terhadap hal-hal
yang teliti.
c.
Pengolahan
data statistik berdasarkan bentuk angkanya.
1)
Data
tunggal adalah data yang angkanya berdiri sendiri atau data yang tidak
dikelompokkan serta tidak tergantung terhadap data lainnya.
2)
Data
kelompok yaitu data statistik dimana setiap unitnya terdiri dari sekolompok
angka dan saling melengkapi.
d.
Penggolongan
data statistik berdasarkan sumbernya.
1)
Data
primer yaitu data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan pertama (first
band data) yaitu sumber yang memang benar mewakili atau yang berhak
memberikan informasi data.
2)
Data
sekunder yaitu data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan kedua (second
band data) atau diperoleh bukan dari sumbernya langsung.
e.
Penggolongan
data statistik berdasarkan waktu pengumpulannya.
1)
Data
seketika adalah data statistik yang mencerminkan keadaan pada suatu ketika saja
(at a point of time)
2)
Data
urutan waktu yaitu data statistik yang mencerminkan keadaan dari waktu ke waktu
secara berurutan atau sering disebut juga dengan time series.
3.
Pengumpulan
data
Dalam pengumpulan data-data statistik terdapat beberapa prinsip
pengumpulan data statistik yaitu:
a.
Menghimpun
data selengkap-lengkapnya
b.
Ketetapan
data
c.
Kebenaran
data
Selanjutnya pengumpulan data statistik dapat dilakuakan dengan 2
cara sebagai berikut;
a.
Cara
sensus
Cara sensus adalah pengumpulan data dengan mencatat dan meneliti
seluruh elemen objek penelitian (populasi) keuntungan sensus adalah mendapat
data yang akurat dan kelemahannya adalah memakan waktu yang lama dan dengan
biaya yang tidak sedikit.
b.
Cara
sampling
Cara sampling adalah pengumpulan data dengan cara mencatat dan
meneliti sebagian elemen yang menjadi objek penelitian.
4.
Instrument
pengumpulan data
Instrument adalah alat yang digunakan pada saat penelitian
menggunakan suatu metode. Metode adalah cara yang digunakan dalam penelitian.
Berikut
instrument yang dapat digunakan dalam mengumpulkan data;
a.
Tes
Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang
digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau
bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.
b.
Questionare
(angket)
Daftar pertanyaan yang setiap pertanyaannya sudah disediakan
jawabannya untuk dipilih, atau disediakan tempat untuk mengisi jawabannya.
c.
Interviu
(wawancara)
Sebuah
dialog yang dilakukan oleh pewawancara (interviewer) untuk memperoleh imformasi
dari terwawancara (interviuwe)
d.
Observasi
(pengamatan)
Kegiatan
pemusatan perhatian terhadap sesuatu objyek yang digunakan seluruh alat indera.
e.
Ranting
scale ( skala bertingkat)
Suatu ukuran
subyektif yang dibuat berskala.
f.
Dokumentasi
Dokumen
berarti barang-barang tertulis. Dalam peneliian menyelidiki benda-benda
bertulis seperti; buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen
rapat, catatan harian dn sebagainya.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Secara etimologis
kata statistic berasal dari kata status (bahasa latin) atau staat (bahasa
belanda) dan dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi Negara. Pada awalnya,
kata “statistic” diartikan sebagai kumpulan bahan keterangan (data) baik
berwujud angka (kuantitatif) maupun data yang tidak berwujud (kualitatif) yang
mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu Negara. Namun pada
perkembangan selanjutnya arti kata statistic hanya dibatasi pada kumpulan bahan
keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif) saja, bahan keterangan yang
tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistic.
Data
merupakan kata jamak dari kata datum. Data merupakan
keterangan-keterangan mengenai keadaan atau masalah dalam bentuk angka
(golongan) seperti angka 1, 2, 3 dan seterusnya maupun dalam bentuk katergori,
seperti; baik buruk, tinggi rendah dan sebagainya.
Agar
bias dianalisis dan bias ditafsirkan maka harus memiliki syarat-syarat sebagai
berikut:
a.
Obyektif
b.
Relevan
c.
Sesuai dengan zaman (up to date)
d.
Refresentatif
B.
Saran
Mungkin inilah yang
diwacanakan pada penulisan kali ini, meskipun penulisan ini jauh dari kata
sempurna, minimal kita bisa mengimplementasikan tulisan ini. Mungkin masih
banyak kesalahan dari penulisan makalah ini, karena saya adalah manusia yang
tempatnya salah dan dosa: dalam hadits “al insanu minal khotto’ wannisa’, dan
kami juga butuh saran/ kritikan agar bisa menjadi motivasi untuk masa depan
yang lebih baik dari masa sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Rusliah
nur. 2012. Statistik pendidikan. Sungai penuh
Supardi.
Syah Darwyan. 2009. Statistik pendidikan. Jakarta : Diadit media
terima kasih
BalasHapusMy blog
Sama-sama
Hapusnice information min
BalasHapuspinset 3in1
White Bone Weddingbands - iTanium Art
BalasHapusCustomized Weddingbands are t fal titanium made in an elegant, titanium vs ceramic flat iron contemporary style. They're handmade in titanium white dominus price a unique and stylish way. titanium bmx frame The best medical grade titanium earrings quality fabric you can get.
v891k8flokm033 horse dildos,japanese sex dolls,G-Spot Vibrators,sex toys,love dolls,sex dolls,vibrators,wholesale sex toys,dildo j584j0fyxze842
BalasHapus